Vol. 1 No. 1 (2018): KONVERGENSI SAINS & HUMANIORA : Membudayakan Menulis Karya Ilmiah melalui Pendidikan di Era Globalisasi

konvergensi sains & humaniora 1 PBSI UNIWARA

KONVERGENSI SAINS & HUMANIORA 1 dengan tema "Membudayakan Menulis Karya Ilmiah melalui Pendidikan di Era Globalisasi" adalah prosiding perdana Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia UNIWARA yang dahulu masih bernama STKIP PGRI Pasuruan. Diadakan pada 18 Januari 2018. 

PENGANTAR

 

Membudayakan Menulis Karya Ilmiah melalui Pendidikan di Era Globalisasi

 

STKIP PGRI Pasuruan adalah salah satu penyelenggara pendidikan tinggi tertua di Kota Pasuruan. Potensi mahasiswa yang belajar di perguruan tinggi ini mengisi sebagian besar kebutuhan porsi tenaga pendidik baik di wilayah kota dan kabupaten Pasuruan. Oleh karena sangat penting bagi perguruan tinggi ini untuk terus mengembangkan dan mendiseminasikan berbagai karya intelektual yang dihasilkan selama proses pendidikan diberikan kepada mahasiswa. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Pasuruan dalam hal ini berinisiatif sebagai penggerak kemajuan diseminasi karya intelektual dengan mengadakan event akademik rutinan dalam bentuk seminar dan prosiding lokal.

Melalui event akademik rutinan dalam bentuk seminar dan prosiding lokal dengan tajuk “Konvergensi Sains dan Humaniora”, Prodi PBSI STKIP PGRI Pasuruan memberikan peluang untuk tampil dalam mimbar akademik. Prodi PBSI STKIP PGRI Pasuruan mengajak para akademisi muda / mahasiswa baik dari dalam maupun luar institusi STKIP PGRI Pasuruan untuk bersama-sama mensukseskan gerak-geliat berkeilmuan melalui penciptaan karya-karya intelektual dalam bentuk tulisan artikel ilmiah penelitian, pengkajian teori, dan gagasan tertulis. Dalam hal ini Prodi PBSI STKIP PGRI Pasuruan mengajak serta berbagai elemen dari prodi ilmu lainnya seperti Matematika, Bahasa Inggris, Ekonomi, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Agama Islam, dan prodi ilmu lainnya yang mungkin tersedia di perguruan tinggi selain STKIP PGRI Pasuruan.

Konvergensi bermakna keadaan menuju satu titik pertemuan, memusat. Konvergensi adalah lawan dari divergensi, pemisahan. Konvergensi mengandung arti perpaduan antara entitas luar dan dalam, yaitu antara lingkungan sosial dan hereditas.

Konvergensi Sains dan Humaniora adalah tajuk event akademik rutin yang ingin terus dilaksanakan oleh Prodi PBSI STKIP PGRI Pasuruan. Konvergensi dalam tajuk ini bermakna penyatuan sudut pandang akademik dari berbagai disiplin ilmu yang karya intelektualnya, secara bersama-sama, didiseminasikan melalui giat seminar, presentasi dalam kelas paralel, dan penerbitan buku prosiding. Juga menyajikan laku akademik yang berpadu dengan lingkungan dan sosial masyarakat di sekitarnya. Laku akademik yang bernilai guna dan bermakna bagi proses belajar mahasiswa untuk menjadi bagian dari lingkungan dan masyarakat. Konvergensi ilmu pengetahuan juga akan memperkaya kreatifitas mahasiswa dalam mengembangkan pengkajian yang terfokus pada satu pokok dengan menggunakan berbagai pisau bedah sudut pandang keilmuan.

Sains dan humaniora sebagai dua disiplin ilmu besar yang kemudian bercabang, berkesinambungan, dan berkolaborasi kemudian dapat mewujudkan bentuk konvergensi ilmu untuk satu tujuan besar yakni : mendedikasikan ilmu pengetahuan untuk kemaslahatan ummat. Dalam hal inikita berbicara tentang kekuatan pendekatan terintegrasi. Pendekatan terintegrasi disebut pula sebagai “selubung pengetahuan yang tidak berlapis” (seamless cloak of knowledge), “kesatuan pembelajaran” (unity of learning), atau “satu sudut pandang atas dunia dan kehidupan” (a single view of the word and of life). Integrasi dikontraskan dengan “pemecahan” (fragmentation) kurikulum yang melambangkan sekolah tradisional, dengan batasan subjek, “pembagian” (compartmentalization) atau “pengotakan” (pigeon-holing) pengetahuan, dengan spesialisasi dan ketidakrelevansiam dengan kehidupan yang utuh (Klein J. T., 2005:8; William, 1976:116).

Konvergensi Sains dan Humaniora 1 adalah awal dari cita-cita mulia Prodi PBSI STKIP PGRI Pasuruan untuk beintegrasi dan bersinergi dengan berbagai bidang ilmu lainnya. Prodi PBSI STKIP PGRI Pasuruan berharap bahwa di masa yang akan datang event-event akademik seperti ini akan terus dapat dilaksanakan, secaa rutin, dan dapat diikuti oleh banyak prodi lainnya.

Published: 2018-01-18

Articles