RASA, KEINDAHAN DAN FUNGSI KARYA SASTRA DALAM NOVEL LAYAR TERKEMBANG

  • Nonik Fauziah UNIVERSITAS PGRI WIRANEGARA
  • M. Zaini UNIVERSITAS PGRI WIRANEGARA
Keywords: rasa, keindahan, fungsi, sastra, Novel

Abstract

Peneitian ini bertujuan untuk proses belajar serta menganalisis sebuah karya sastra dalam sebuah novel untuk memenuhi tugas dari mata kuliah Estetika Sastra dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Metode yang kami gunakan dalam analisis dengan menggunakan teknik membaca buku. Hasil penelitian ini mengacu pada analisis yang berkaitan dengan novel layar terkembang, diantaranya yakni: 1) Novel layar terkembang menganalisis tentang konsep pengungkapan rasa dan perasaan 2)Novel layar terkembang menganalisis tentang konsep keindahan dan pengungkapan keindahan dalam karya sastra 3) Novel layar terkembang  menganaisis tentang fungsi sastra dan pengungkapan fungsi karya sastra. Ketiga tersebut sangat pentig untuk menganalisis novel layar terkembang.

References

Dr. Siswanto Wahyudi, 2008. Pengantar Teori Sastra. Malang. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Minderop Albertine, 2010. Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
M. Hum Ambarini AS dan M.Hum Nazia Maharani Umaya. Semiotika Teori dan Aplikasi Pada Karya Sastra. Semarang. IKIP PGRI Semarang Press.
Rokhmanyah Alfian, 2014. Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Published
2018-01-18
How to Cite
Fauziah, N., & Zaini, M. (2018). RASA, KEINDAHAN DAN FUNGSI KARYA SASTRA DALAM NOVEL LAYAR TERKEMBANG. Konvergensi Sains & Humaniora, 1(1), 115-127. Retrieved from http://jurnal.arinstitute.or.id/index.php/KonverSHum/article/view/8