ETNOMATEMATIKA PADA BATIK KHAS KOTA PASURUAN

  • Kholila Kholila Universitas PGRI Wiranegara
  • Miftahul Khoiri Universitas PGRI Wiranegara
Keywords: etnomatematika, batik, Kota Pasuruan

Abstract

Etnomatematika adalah matematika yang dipraktekan diantara kelompok budaya. Kajian mengenai matematika dalam budaya perlu dikembangkan sehingga dapat memberikan gambaran kepada masyarakat mengenai peranan matematika dalam budaya terutama pada produk budaya batik  khas Kota Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami keberadaan etnomatematika pada motif batik dan menyebutkan manfaat etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat etnomatematika pada batik dan manfaat etnomatematika sebagai motivasi siswa untuk belajar matematika serta sumber rujukan matematika

References

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pasuruan. Tanpa Tahun. Batik Pasuruan. Pasuruan: Tanpa penerbit. (online), (http://disbudpar.pasuruankab.go.id/2014/11/batik-pasuruan.html), di akses 16 Mei 2017)
Krisna, E D. 2012. Etnomatematika Batik dan Implementasinya dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Matematika Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha. (online). (https://www.scribd.com/doc/99414333/Makalah-Seminar), di akses 12 Mei 2017.
Maulana, A. 2014. Penerapan Etnomatematika Pada Pembelajaran Matematika Tingkat SMP. Jakarta : FKIP, Univeritas Negeri Jakarta.
Munawwaroh, I. 2016. Etnomatematika pada Transaksi Jual Beli yang dilakukan Pedagang Sayur dalam Masyarakat Madura di Paiton Probolinggo. Skripsi tidak diterbitkan. Jember : Universitas Jember.
Peraturan Daerah Kota Pasuruan No. 11 tahun 2003 tentang Batik Tulis Khas Kota Pasuruan, 2003. Pasuruan: Tanpa penerbit. (Online), (http://anjiksuwaji.blogspot.co.id/2011/06/normal-0-false-false-false.html), di akses 16 Mei 2017.
Pratama, N. I. 2016. Analisis Aktivitas Etnomatematika pada Proses Pembuatan Batik Jambi terhadap Pembelajaran Matematika pada Materi Pola Barisan. Skripsi tidak diterbitkan. Jambi: Universitas Jambi.
Rhofy, N K. Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Suku Madura di Situbondo. Jember: FKIP Universitas Negeri Jember.
Sirate, S F. 2015. Menggagas Integrasi Multikultur Pembelajaran Matematika, (2). Tanpa penerbit (Online) (http://journal.uin- alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/download/880/850), diakses 01 Juni 2017.
Suharsaputra, U. 2012. Metode Penelitian “Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung : Refika Aditama.
Tandililing, E D. 2013. Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Published
2018-01-18
How to Cite
Kholila, K., & Khoiri, M. (2018). ETNOMATEMATIKA PADA BATIK KHAS KOTA PASURUAN. Konvergensi Sains & Humaniora, 1(1), 388-398. Retrieved from http://jurnal.arinstitute.or.id/index.php/KonverSHum/article/view/35