ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR KELAS VII DI SMP NEGERI 2 BANGIL KABUPATEN PASURUAN
Abstract
Soal cerita dalam matematika merupakan salah satu bentuk soal yang menyajikan permasalahan yang terkait dengan kehidupan sehari-hari dalam bentuk cerita. Masih banyak yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal ceritapada materi trapesium dan layang-layang. Penelitian ini menganalisa kesalahan menurut Teori Polya. Solusi pemecahan suatu masalah terdapat empat langkah fase penyelesaian, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai rencana pada langkah ke-2, dan melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah yang telah dikerjakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahandalam menyelesaikan soal cerita pada materi trapesium dan layang-layang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa jenis kesalahan dan faktor penyebabnya dalam menyelesaikan soal cerita serta solusi dalam meminimalisir kesalahan.
References
Murray K. (2010). First Look Microsoft Office 2010. (Online), (http://download.microsoft.com/download/E/D/A/EDAE500D-75C8-406F-B1B4-a91FDEF477281), diakses 13 April 2017.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta:DIVA Press.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sudijono, A. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukirman. (2014). Matematika Buku Materi Pokok. Jakarta: Universitas Terbuka.
Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.