REMEDIASI KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN BRAIN GYM PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SMPLB NEGERI KOTA PASURUAN

  • Churotul Aini Universitas PGRI Wiranegara
  • Ratna Eka Iswahyuni Universitas PGRI Wiranegara
Keywords: Konsentrasi, Belajar Matematika, BRAIN GYM, TUNAGRAHITA

Abstract

Konsentrasi  merupakan salah satu hal yang mepengaruhi keberhasilan suatu proses pembelajaran. Sedangkan siswa tunagrahita sulit berkonsentrasi saat proses pembelajaran. Melihat kondisi tersebut, maka digunakan Brain Gym sebagai salah satu alternatif untuk meremediasi kemampuan konsentrasi belajar Matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuasi Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui tingkat remediasi kemampuan konsentrasi belajar matematika siswa tunagrahita ringan setelah menggunakan Brain Gym. Hasil observasi menunjukkan bahwa tingkat remediasi kemampuan konsentrasi belajar matematika menggunakan Brain Gym mengalami perubahan dari tingkat rendah ke tingkat tinggi. Dengan penggunaan Brain Gym, konsentrasi belajar matematika siswa tunagrahita ringan meningkat sehingga siswa dapat memahami materi yang disampaikan guru dan proses pembelajaran berlangsung dengan baik.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aulia, K. N. 2013. Keefektifan Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Kenampakan Alam di Permukaan Bumi dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Tunanetra Kelas IV di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Nugraheni, M. 2015. Pengaruh Penggunaan Metode Brain Gym terhadap Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Tunalaras Kelas VII SLB E Bhina Putera Surakarta Tahun 2014/2015. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Putranto, B. 2015. Tips Menangani Siswa yang Membutuhkan Perhatian Khusus. Yogyakarta: Diva Press.
Rochman, S. N. 2015. Pengaruh Latihan Senam Otak (Brain Gym) terhadap Peningkatan Kemampuan Memori Jangka Pendek pada Anak Tunagrahita Ringan di SDLB ABC Swadaya Kendal. Skripsi Tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Setiani, A. C. 2014. Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Karangcegak Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2018-01-18
How to Cite
Aini, C., & Iswahyuni, R. E. (2018). REMEDIASI KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN BRAIN GYM PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SMPLB NEGERI KOTA PASURUAN. Konvergensi Sains & Humaniora, 1(1), 323-344. Retrieved from http://jurnal.arinstitute.or.id/index.php/KonverSHum/article/view/31