ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PADA KOPERASI TALI ASIH PERUMAHAN BAKALAN PASURUAN

  • Putri Agustina Ainun Najib Universitas PGRI Wiranegara
  • Dies Nurhayati Universitas PGRI Wiranegara
Keywords: laporan keuangan, koperasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah aplikasi laporan keuangan untuk menilai kinerja keuangan pada Koperasi Tali Asih Perumahan Bakalan Pasuruan. Data yang digunakan adalah laporan keuangan dalam bentuk neraca dan laba rugi Koperasi Tali Asih Perumahan Bakalan Pasuruan pada tahun 2015 sampai 2018.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada rasio likuiditas yang dilihat dari current ratio Koperasi Tali Asih Perumahan Bakalan Pasuruan kurang baik karena nilai rasio di atas 2 yang berarti koperasi kurang bisa mengelola aktiva lancar karena banyak aktiva yang menganggur. Pada rasio solvabilitas yang dilihat dari debt to total assets ratio Koperasi Tali Asih Perumahan Bakalan Pasuruan baik karena kurang dari 1, sedangkan jika dilihat dari debt to equity ratio kinerja keuangan Koperasi Tali Asih Perumahan Bakalan Pasuruan kurang baik karena lebih dari 1. Pada rasio aktivitaskinerja keuangan Koperasi Tali Asih Perumahan Bakalan Pasuruan kurang baik karena nilai total asset turn over kurang dari 1 dan nilai receivable turn over kurang dari 6. Pada rasio profitabilitas yang dilihat dari profit margin,Return On Assets, dan Return On Assetskinerja keuangan Koperasi Tali Asih Perumahan Bakalan Pasuruan secara umum baik karena mengalami keuntungan.

References

Chikita, Grace Nehemia. 2011. Kinerja Perusahaan PengakuisisiSetelah Merger (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2000 – 2006). Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.
Darsono dan Ashari. 2010. Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan (Tips Bagi Investor, Direksi, dan Pemegang Saham). Penerbit Andi. Yogyakarta.
Esthirahayu, Dwi Putri., Siti Ragil Handayani, dan Raden Rustam Hidayat. 2014. Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Leverage Dan Rasio Aktivitas Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada Perusahaan Food and Beverage yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012).Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 8 No. 1 Februari 2014.
Fadli, Puji Isyanto, dan Tia Andriyati. 2012. Analisis Kinerja Keuangan Pada Koperasi Karyawan Kantor Kementerian Agama Karawang.Jurnal Manajemen Vol.09 No.4 Juli 2012.
Fahmi, Irham. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Penerbit Alfabeta. Bandung
Hanafi, Mamduh dan Abdul Halim. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Pertama. Penerbit UPP-AMP YKPN. Yogyakarta.
Hanafi, Mamduh. 2009. Manajamen Keuangan. Penerbit BPFE. Yogyakarta.
Harahap, Sofyan Safri. 2010. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Penerbit PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti. 2012. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Kelima. Cetakan Pertama. Penerbit UPP STIM YKPN. Yogyakarta.
Kasmir. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama. Penerbit Rajawali Pers. Jakarta.
Munawir. 2011. Analisa Laporan Keuangan. Cetakan Keempat belas. Penerbit Liberty. Yogyakarta.
Nurhikmah, Sitti. 2012. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham (Studi Kasus Pada Industri Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Skripsi.Universitas Hasanuddin. Makassar.
Sartono, Agus.2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasinya. Penerbit BPFE. Yogyakarta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Cetakan ke-13. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Published
2018-01-18
How to Cite
Najib, P. A. A., & Nurhayati, D. (2018). ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PADA KOPERASI TALI ASIH PERUMAHAN BAKALAN PASURUAN. Konvergensi Sains & Humaniora, 1(1), 301-322. Retrieved from http://jurnal.arinstitute.or.id/index.php/KonverSHum/article/view/30