MODEL KONSEPTUAL PENGGABUNGAN INOVASI PEMASARAN DAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN UMKM

  • Nurul Ainin Universitas PGRI Wiranegara
  • Etta Mamang Sangadji Universitas PGRI Wiranegara
Keywords: Pemasaran dan Kewirausahaan UMKM, Inovasi, Model Konseptual

Abstract

Pemasaran Kewirausahaan (Marketing Entrepreneurship) pada dasarnya merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan (ability) dan perilaku seseorang wirausaha dalam menghadapi berbagai permasalahan terkait dalam usaha mendapatkan peluang usaha yang dilakukan. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai konsep penggabungan pemasaran dan  kewirausahaan, untuk menganalisis pentingnya pendekatan tersebut diterapkan pada UMKM. Konsep tersebebut diterapkan dalam model Entrepreneurial Marketing Orientation (EMO)  dan SME (Small Management Entrpenership). Model EMO terdiri dari empat komponen yaitu orientasi pasar, orientasi pelanggan, orintasi kewirausahaan dan  orientasi inovasi sedangkan SME terdiri dari 3 komponen yaitu enterpreneurial disposition, strategies dan pengendalian. Sumber data yang digunakan diperoleh melalui jurnal ilmiah. Dari beberapa penelitian sebelumnya Entrepreneurial Marketing mampu memberikan dampak positif pada kinerja penjualan, keinovatifan serta kinerja pemasaran.  Dengan menggunakan model konseptual tersebut, maka diharapkan dapat meningkatkan kinerja UMKM dan pada akhirnya dapat meningkatkan keunggulan kompetitif.

References

Andharini, S. N. (2012). Pemasaran Kewirausahaan dan Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Ekonomika-Bisnis , 3 (2), 121-130.
Euis Hasmita Putri. (2017). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA SAMARINDA (STUDI PADA DINAS KOPERASI DAN UMKM KOTA SAMARINDA). eJournal Administrasi Negara , 5 (1), 5431 - 5445.
Hadiyati, E. (2009). Kajian Pendekatan Pemasaran Kewirausahaan dan Kinerja Penjualan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan , 11 (2), 183-192.
Hamali, S. (2013). Meningkatkan Inovasi Melalui Entrepreneurial Marketing dan Dampak pada Kinerja Pemasaran UKM-UKM Garment di Jawa Barat. www.jp.feb.unsoed.ac.id , 3 (1), 1-13.
Harini, C., Darsin, & Praptono, S. (2017). Pengembangan Pemasaran Kewirausahaan dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Perekonomian Unit Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Semarang. Prosiding SNATIF , 4, 1-12.
Nurjaman, K. (2018). Kewirausahaan Pemasaran (Entrepreneurial Marketing) pada Usaha Kecil dan Menengah: Sebuah Kajian Konseptual. Jurnal KELOLA: Jurnal Ilmu Sosial , 1 (2), 143-158.
Pamuji, M. (2018). Entrepreneurial Marketing : Mengintegrasikan Pemasaran dan Kewirausahaan Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Ekonomi Global Masa Kini Mandiri , 9 (1), 8-14.
Arfanly, Bibi.Sarma’ Ma’mun.Syamsun Muhammad. 2016. Peran Entrepreneurial Marketing Dalam Peningkatan Kinerja Pemasaran Pada Industri Rumahan Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Manajemen IKM September 2016 Vol. 11 no. 2.
Assauri, Sofjan, 2007. Manajemen Pemasaran. Dasar, Konsep dan Strategi. Penerbit PT. Rajagrafinda Persada, Jakarta.
Birley, S., 2007. Marketing Entrepreneur And Bussines Performance. Journal SMEs : Marketing Entrepreneur, Vol.3.No.7.
Kaballu, Obed Umbu dan Kameo, Dhaniel. 2000. “Strategi Bertahan Usaha Kecil dalam Menghadapi Krisis Ekonomi, studi Pada Industri Kecil Konveksi di Salatiga”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dian Ekonomi. vol VII no 2. September 2001 FE UKSW. Salatiga
Published
2018-01-18
How to Cite
Ainin, N., & Sangadji, E. M. (2018). MODEL KONSEPTUAL PENGGABUNGAN INOVASI PEMASARAN DAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN UMKM. Konvergensi Sains & Humaniora, 1(1), 287-300. Retrieved from http://jurnal.arinstitute.or.id/index.php/KonverSHum/article/view/29