PENERAPAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL DALAM WIRAUSAHA PEMBUATAN MARCHING BAND DI DESA TRAJENG, KOTA PASURUAN

  • Nadia Mustika Dewi Universitas PGRI Wiranegara
  • Etta Mamang Sangadji Universitas PGRI Wiranegara
Keywords: Kewirausahaan, Kewirausahaan Sosial, Marching Band

Abstract

Kewirausahaan ialah dimana proses beruntut sehingga dapat menciptakan kualitas barang atau jasa yang berberda dengan memperkenalkan sesuatu baru yang memiliki fungsi bagi kehidupan sehari-hari. Suatu wirausaha sebaiknya memiliki nilai dan bermanfaat dimana hal ini bisa dilakukan melalui penerapan konsep kewirausahaan sosial. Berbagai kalangan mulai memikirkan konsep kewirausahaan sosial sebagai solusi dalam perubahan perekonomian yang rendah menjadi lebih tinggi. Kewirausahaan Sosial memiliki arti yaitu sebuah individu atau kelompok yang dapat menciptakan sebuah perubahan bagi diri sendiri maupun masyarakat sekitar dengan mengambil peluang ide-ide baru yang tidak terfikirkan dan bisa memperbaiki pola pikirĀ  melalui sebuah pendekatan baru dan menciptakan sebuah solusi untuk mengubah sebuah kehidupan menjadi lebih layak. Kewirausahaan sendri memiliki tujuan yaitu dapatĀ  terwujudnya perubahan sederhana menjadi yang lebih baik atau positif dan dapat memecahkan sebuah masalah sosial demi kepentingan masyarakat sekitar.Marching Band ialah sebuah golongan orang yang membentuk barisan yang memainkan sebuah alat musik yang dijadikan sebuah lagu sehingga diiringi secara kompak dan bersama-sama. Salah satu manfaat dari kewirausahaan sosial dalam wirausaha Marching Band ialah membangun sebuah bisnis atau usaha untuk dijadikan solusi permasalahan sosial ekonomi, pendidikan, lingkungan dan permasalahan lain yang telah menjadi tantangan dunia.

References

Bornstein,D, 2004, How to Change the World: Social Entrepreneur and the Power of New Idea. Oxford; Oxford University Press
Dees, J. G , 2001, The Meaning of Social Entrepreneurship
Drucker, P.F , 1994, Innovation and Entrepreneurhip, New York: Harpercollins Publisher
Mulgan, G., Tucker, S., Ali, R., and Sanders,B, 2007, Social Innovation: What It Is, Why It Matters and How It Can Be Accelerated. Oxford; Skoll Centre for Social Entrepreneurship, Said Business Scholl- University of Oxford
Noruzi, M.R,Westover, J.H. dan Gholam,R.R, 2010, An Exploration of Social
Entrepreneurship in the Entrepreneurhip Era. Asian Social Science Vol.6, No.6; June 2010
Saragih, Rintan, 2013. Berwirausaha Cerdas, Inspirasi bagi kaum muda, Yogyakarta;.Graha Ilmu.
Saifan, S.A, 2012, Social Entrepreneurship: Definition and Boundaries. Teknology Innovation Management Review
Wawan D., Hendrati,D,M., Anggraeni,P.,Grisns,A.,Indriyani, A, 2013, Inovasi dan Kewirausahaan Sosial. Panduan Dasar Menjadi Agen Perubahan, Bandung; Alfabet
Published
2018-01-18
How to Cite
Dewi, N. M., & Sangadji, E. M. (2018). PENERAPAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL DALAM WIRAUSAHA PEMBUATAN MARCHING BAND DI DESA TRAJENG, KOTA PASURUAN. Konvergensi Sains & Humaniora, 1(1), 277-286. Retrieved from http://jurnal.arinstitute.or.id/index.php/KonverSHum/article/view/27